Over 10 years we helping companies reach their financial and branding goals. Onum is a values-driven SEO agency dedicated.

CONTACTS
Mangli Sky View

Artikel ini dibuat di tahun 2022 dan memprediksi Rekomendasi sunrise di Magelang yang akan tetap mempesona di tahun 2023. Jadi simpan artikelnya dan yuk mari kita bahas. Selain dikenal karena Candi Borobudur, Magelang juga merupakan salah satu destinasi wisata yang populer karena keindahan alamnya, terutama pemandangan saat sunrise alias matahari terbut. Bahkan, keindahan panorama saat matahari terbit di Magelang tak hanya bisa Anda nikmati di kawasan Candi Borobudur saja, lho!

Salah satu alasan utamanya adalah karena adanya banyak dataran tinggi yang juga menjadi destinasi wisata di Magelang dan juga tempat makan yang menawarkan pemandangan indah. Karena itu, Anda bisa menikmati pemandangan matahari terbit yang memukau sambil memulai hari yang menenangkan sambil berlibur bersama teman atau keluarga.

Baca Juga : Wisata di Borobudur

Kalau begitu, di mana saja ya lokasi atau tempat sunrise di Magelang yang layak dilirik? Bagi Anda yang sudah berencana untuk berlibur ke kawasan di Jawa Tengah dan akan berburu hotel di Magelang – termasuk hotel dengan pemandangan matahari terbit yang oke – yuk simak dulu daftar rekomendasinya di bawah ini!

1. Silancur Highland

Salah satu destinasi wisata di Magelang ini berada di sebuah bukit yang lokasinya di Dusun Dadapan. Di sini, Anda bahkan bisa menghabiskan malam sambil menunggu matahari terbit sambil berkemah di dataran tinggi yang udaranya pasti sejuk dan segar, lho!

Silancur Highland Magelang
Silancur Highland Magelang

Berada di lereng Gunung Sumbing, Silancur Highland juga dilengkapi dengan cukup banyak pilihan tempat makan demi kenyamanan para pengunjung. Jadi, Anda tak perlu khawatir kelaparan saat menunggu matahari terbit di ufuk timur! Namun tidak kami rekomendasikan untuk kalian yang ingin membawa rombongan kantor untuk sunrise disini.

2. Gereja Ayam – Sunrise di Bukit Rhema

Menurut saya, Sunrise di Bukit Rhema, Gereja Ayam adalah yang terbaik dari semua tempat yang pernah saya datangi di Magelang dan sekitarnya. Tidak salah memang, karena Film AADC 2 yang diperani Cinta dan Rangga Akhirnya menghabiskan pagi syahdunya di Gedung Merpati yang dikenal oleh masyarakat sebagai Gereja Ayam untuk melihat Sunrise muncul dari antara Gunung Merapi dan Merbabu yang sangat indah.

Selain itu Fasilitas disini sudah dibilang paling baik dan siap bagi kamu yang ingin merasakan sensasi Sunrise bersama pasangan, keluarga, dan juga rombongan kantor.

Sensasi Sunrise di Gereja Ayam

Melihat matahari terbit diantara Gunung Merapi dan Merbabu! Betul sekali seperti sensasi gambar SD yang sering kalian lihat. Ternyata pemandangan seperti ini ada di Magelang dan bisa kalian lihat apabila melihat sunrise di Bukit Rhema.

Sunrise Di Gereja Ayam
Sunrise Di Gereja Ayam

Nikmatnya sensasi melihat cahaya surya dari atas Gedung Bukit Rhema. Berbeda dengan sunrise di Magelang lainnya. Kalian akan ditemani oleh Kopi Hangat, Teh dan Pisang Goreng yang khas ketika menikmati ini semua. Mantap betul bukan!

Fasilitas Personal – Rombongan

Jangan kuatir untuk kamu yang ingin berkunjung ke tempat ini, ada banyak fasilitas yang bisa ditempuh agar kalian mudah sampai dilokasi. Selain ada mobil jeep yang akan mengantar kalian dari parkiran, di dalam gedung pastinya juga akan ada guide yang memandu kalian.

Sarapan Di Atas Awan

Lantai 2 Kedai Bukit Rhema Magelang
Lantai 2 Kedai Bukit Rhema Magelang

Booking Sunrise Untuk Personal Atau Rombongan

Untuk Booking Sunrise kalian bisa menghubungi nomor Admin di 085 725 779 520 biaya per pax Rp 150.000/org atau klik link dibawah ini untuk informasi lebih lengkap.

Booking:Sunrise di Bukit Rhema

Sarapan Bareng di Meja Panjang Up to 100 Orang

Dikedai Bukit Rhema kami bisa request untuk makan bareng dengan Meja panjang yang akan membuat kamu semakin dekat dengan rombongan kamu, menarik bukan?

Sunrise di Gereja Ayam
Sunrise di Gereja Ayam

3. Nepal van Java Sunrise Modern

Ternyata, di Indonesia juga ada “Nepal”, lho! Setelah Paris van Java alias Bandung, Magelang punya Nepal van Java yang berlokasi di Dusun Butuh, Desa Temanggung, Kaliangkrik Magelang. Mengapa bisa dijuluki Nepal van Java? Rupanya karena pemukiman penduduk di sini terlihat seperti jajaran rumah penduduk yang berada di lereng-lereng pegunungan Nepal.

nepal van java sunrise
Nepal van java sunrise

Meskipun kondisi medannya menuntut kendaraan Anda untuk terus menanjak, perjuangan Anda akan langsung terbayar tuntas begitu Anda tiba di lokasi, terutama Anda yang menggunakan mobil manual. Apalagi, lokasinya yang ada di Gunung Sumbing jelas merupakan spot sempurna untuk berburu pemandangan sunrise nan memesona.

Baca Juga : Tempat Makan Di Borobudur Asik Buat Nongkrong Dan Instagramable

4. Punthuk Setumbu Legenda Sunrise

Bukit Punthuk Setumbu ini termasuk dalam jajaran Pegunungan Menoreh dengan ketinggian 400 meter dpl. Lokasinya tidak jauh dari kawasan Candi Borobudur, sehingga Anda pasti akan bisa menemukan banyak pilihan tempat makan maupun hotel di Magelang yang ada di sekitar sini.

Punthuk Setumbu sunrise
Punthuk Setumbu sunrise

Pemandangan matahari terbit Punthuk Setumbu memang merupakan daya tarik utama lokasi wisata yang satu ini. Soalnya, di sini Anda bisa menyaksikan sendiri betapa menakjubkannya panorama Candi Borobudur yang bermandikan sinar matahari pertama di pagi hari. Bahkan sebelum matahari terbit pun Anda akan langsung disuguhkan pemandangan Candi Borobudur berselubung kabut pagi yang membuatnya terlihat begitu misterius. Jadi, pastikan Anda menyiapkan kamera untuk mengabadikan momen-momen di sini, ya!

Baca Juga : Tempat Makan Dekat Candi Borobudur

5. Punthuk Mongkrong Sunrise Indah

Punthuk sendiri merupakan istilah dalam bahasa Jawa yang berarti gundukan tanah atau perbukitan. Dan sama seperti Punthuk Setumbu, Punthuk Mongkrong merupakan bukit yang lokasinya pun tak jauh dari kawasan Candi Borobudur. Dari sini, Anda bisa menikmati pemandangan alam yang luas membentang, termasuk Candi Borobudur yang dapat Anda lihat dengan puas dari bukit yang ketinggiannya 624 meter dpl. Jadi jangan kuatir pemandangan indah sunrise disini sangatlah indah.

punthuk mongkrong
punthuk mongkrong

Walaupun Punthuk Mongkrong bukanlah puncah tertinggi Pegunungan Menoreh, ketinggiannya sudah cukup untuk menyajikan panorama yang begitu memesona ke arah utara dan timur. Dan jika cuacanya cerah, Anda tak hanya bisa menikmati sunrise saja, tapi juga melihat Puncak Suroloyo, salah satu titik tertinggi di kawasan Pegunungan Menoreh.

Baca Juga : Tempat Makan Untuk Buka Puasa

6. Gunung Telomoyo Menawan Saat Sunrise

Gunung yang berada di antara Kabupaten Magelang dan Kabupaten Semarang ini juga merupakan salah satu destinasi wisata terpopuler di Magelang. Anda pun bisa nikmati keindahan alam yang membentang luas seolah tanpa batas dari ketinggian. Akan tetapi, panorama alam bukanlah satu-satunya daya tarik yang dipunya Genung Telomoyo.

Gunung Telomoyo
Gunung Telomoyo

Di sini, Anda juga bisa menjajal paralayang untuk pengalaman berlibur yang unik dan berbeda – terutama bagi Anda yang belum pernah mencoba paralayang sama sekali. Dan pastinya Anda juga bisa menikmati pemandangan matahari terbit  atau sunrise di magelang, yang juga merupakan salah satu alasan mengapa begitu banyak warga lokal maupun turis luar Magelang yang meramaikan kawasan ini.

7. Gunung Giyanti Sunrise Indah Indonesia

Selain Gunung Telomoyo, ada juga Gunung Giyanti yang populer sebagai destinasi wisata untuk melihat sunrise di Magelang. Bahkan, di sini Anda juga bisa menikmati panorama alam yang satu ini setelah puas mendaki. Anda yang masih pemula atau bahkan belum pernah mendaki gunung sebelumnya tak perlu khawatir, karena gunung dengan ketinggian 1200 meter dpl ini sangat cocok bagi para pemula, kok.

Gunung Giyanti
Gunung Giyanti

Dari sini, Anda juga bisa melihat Gunung Sumbing, Gunung Merapi, dan Gunung Merbabu yang berdiri kokoh mengelilingi bentangan alam yang bisa Anda lihat sepuasnya. Baru membayangkannya saja sudah bisa membuat pikiran dan hati tenang, ya?

8. Punthuk Sukmojoyo Sunrise Menggelora

Pilihan spot untuk melihat matahari terbit lainnya di Magelang adalah Punthuk Sukmojoyo, yang berada di Krinjing, Desa Giritengah. Lokasinya tak jauh juga dari Borobudur, sehingga Anda bisa mencapai lokasi ini dengan mudah. Kondisi medannya bisa dibilang cukup sulit untuk dilalui, namun usaha Anda tentu setimpal dengan apa yang akan Anda dapatkan begitu Anda sampai dan menginjakkan kaki di Punthuk Sukmojoyo ini.

Punthuk Sukmojoyo
Punthuk Sukmojoyo

Di Punthuk Sukmojoyo ini, Anda bisa temukan banyak spot ideal untuk melihat pemandangan alam yang mengelilinginya. Hanya saja, salah satu spot terpopuler adalah gardu bambu, yang paling populer pada saat menjelang matahari terbit. Soalnya, gardu bambu Punthuk Sukmojoyo ini bisa dibilang spot terbaik untuk melihat sunrise ala Magelang yang begitu memesona.

9. Gunung Andong Sunrise Yang Indah

Lokasi yang berada di antara Desa Tlogorejo dan Desa Ngablak, Grabag Magelang ini juga merupakan salah satu gunung yang ramah bagi para pendaki pemula. Oleh karena itu, tak heran jika banyak orang yang rela mendaki gunung ini. Ditambah lagi, Gunung Andong juga menjanjikan pemandangan sunrise nan cantik sebagai “bayaran” atas seluruh keringat yang mengucur selama pendakian.

Gunung Andong
Gunung Andong

Biasanya, orang-orang mendaki Gunung Andong dan kemudian mendirikan tenda untuk beristirahat sambil menunggu matahari terbit. Kalau Anda belum pernah merasakan sensasi berkemah di gunung sebelumnya, tentu saja ini adalah kesempatan terbaik untuk mencobanya, kan?

Penutup

Tentu saja masih ada pilihan lainnya selain 8 destinasi wisata di Magelang tersebut untuk melihat panorama Magelang yang berselimutkan kecantikan misterius nan mistis di saat sunrise. Misalnya Punthuk Kendil dan Bukit Barede. Hanya saja, rekomendasi yang sudah kami pilihkan untuk Anda di atas bisa jadi titik awal yang pas untuk membantu Anda merencanakan liburan yang sempurna dan berkesan bersama orang-orang tersayang.

Semoga daftar di atas bisa membantu Anda mewujudkan liburan terbaik di Magelang nanti, ya!

 

 

Author

Manaya Indonesia

Point of Sales (POS) yang di design khusus untuk para pelaku Industri Pariwisata Indonesia.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *