Over 10 years we helping companies reach their financial and branding goals. Onum is a values-driven SEO agency dedicated.

CONTACTS
Business

Pentingnya Google My Business Untuk Bisnis Pariwisata

Seperti janji beberapa hari lalu bahwa saya akan sharing beberapa hal teknis yang saya gunakan ketika membantu mentoring Destinasi wisata dalam hal digital strategist. Kali ini Manaya akan bagikan kenapa Google My Business itu penting bagi kalian semua pelaku bisnis pariwisata – semuanya – mulai dari tour and travel, destinasi wisata, hotel, bahkan penyedia jasa Opang juga dicari kalau gojek dan grab tidak ditemukan disudut nusantara ini. Jadi ini dia beberapa alasan dan contoh nyatanya kenapa harus memanage GMB anda selama pandemi Covid19:

1. Traveler dapat menemukan Anda

Menggunakan google my business untuk meningkatkan bisnis saat pandemi covid19

Hal pertama keuntungan kalian pengusaha Pariwisata apabila memiliki GMB (Google My Business) adalah konsumen bisa melihat usaha anda dalam rangkuman yang singkat padat jelas di pencarian google. Seperti contoh diatas Bukit Rhema dimana Team Travellers Cantik merupakan salah satu agency yang ikut membantu pengembangan Digital Marketing lokasi wisata Bukit Rhema. Dengan seperti ini peluang untuk mendapatkan konsumen menjadi lebih besar! Karena kalian bisa membuat (CAT) Call to Action Konsumen untuk melakukan Pembelian Tiket/Paket atau Peta menuju lokasi bahkan mengetahui langsung nomor telpon Usaha anda. Ditambah lagi traveler menjadi lebih sensitive berpergian karena pandemi covid19 ini

2. Mengetahui Jumlah Orang yang mencari Usaha anda Di Masa Pandemi berlangsung

Data diatas adalah data real yang bisa kalian dapatkan apabila memiliki GMB. Bisa kita liat terdapat penurunan pencarian di Halaman maupun di Peta. Ternyata masih ada sekitar rata – rata 6ribu orang mencari Bukit Rhema setiap harinya di google. Kegunaan data ini di masa pandemi sangatlah penting, paling tidak untuk mengetahui apakah masih ada konsumen anda yang masih mencari kita. Dengan begitu team marketing bisa mengambil action nyata apabila benar – benar pencarian untuk usaha kita turun.

3. Mengetahui Asal Para Calon Konsumen Kita Selama Pandemi Covid 19

Menggunakan google my business untuk meningkatkan bisnis saat pandemi covid19

Siapa yang tidak mau memiliki data calon konsumen, bahkan asal mereka dari mana dengan begitu setengah pekerjaan anda bisa selesai teratasi. Di atas bisa diketahui kalau banyak calon traveler berasal dari Yogyakarta, team marketing bisa memfokuskan menyebarkan iklan via instagram dan facebook dengan target penglihat iklan dari area tersebut. Jadi dengan data ini iklan yang kita lakukan bisa jauh lebih efektif.

4. Konsumen Mereview Usaha dan Jasa yang diberikan

Menggunakan google my business untuk meningkatkan bisnis saat pandemi covid19

Dijaman dalu setiap orang diminta untuk mengisi buku tamu dan memberi komen saran dan kritik ketika sesudah mengunjungi sebuah museum. Namun dengan perkembangan jaman hal itu sudah tidak diperlukan lagi GMB sudah memberikan fasilitas tersebut. Terlebih saat ini sudah ada fenomena socialnomic dimana salah satu faktor pengambilan keputusan traveler membeli jasa dilihat dari review konsumen lain, bukan dari kekuatan brand. Jadi walau usaha anda baru saja dirintis, tetaplah berusaha untuk mendapatkan banyak rating dari konsumen anda. Karna fenomena rating ini membuat kekuatan brand tidak lagi menjadi hal mutlak.

5. Mendapat respon dari postingan anda #JualanJugaBisa

Kita tau bahwa google adalah mesin pencari terbesar di dunia, jadi sudah dipastikan kebanyakan konsumen pasti menggunakan google untuk mencari kebutuhan mereka. Salah satu fitur yang sangat berguna lainnya adalah membuat postingan yang bisa dilihat traveler ketika mencari usaha anda dan disitu bisa anda sematkan ke Link penjualan anda agar bisa menjadi transaksi.

Jadi diatas beberapa dari manfaat yang bisa kalian dapatkan apabila menggunakan GMB selama Covid19. Di artikel selanjutnya ManayaAkan sharing Cara berjualan Paket Tour And travel di bayar di Muka menggunakan Fasilitas Stiker dan GIFT Card di Instagram yang hanya 1% pengusaha di dunia ini yang tau.

Author

Manaya Indonesia

Point of Sales (POS) yang di design khusus untuk para pelaku Industri Pariwisata Indonesia.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *